Mudzakkar – Muannats
Semua yang ada di dunia ini berpasangan. Tetapi,
yang dikatakan berpasangan itu tidak harus laki-laki dan perempuan. Mudzakkar –
munnnats dalam bahasa tidak harus berkonsekuensi dengan jenis kelamin.
Muannats yang dapat dibedakan jenis kelaminnya
dengan yang laki-laki disebut muannats haqiqi. Jika muannats tidak dapat dibedakan
laki-laki perempuannya disebut dengan muannats majazi.
Tanda muannats adalah :
1.
|
ta’ mutaharrik (hidup, berharokat)
|
ناصرةٌ
|
||
2.
|
alif maqshuroh
|
سلْمى
|
||
3.
|
alif mamdudah
|
اسماء
|
Cara menentukan mudzakkar muannats suatu lafadh :
1. Melihat
lafadh dan maknanya :
a. Makna
& lafadh mudzakkar = mudzakkar
b. Makna
& lafadh muannats = muannats
2.
Melihat makna, bukan lafadhnya:
a. Makna
mudzakkar = mudzakkar
b. Makna
muannats = muannats
3.
Melihat lafadhnya. Tidak ada petunjuk itu muannats
atau mudzakkar. Lihat saja potongan lafadh tersebut. Anggota badan yang
berpasangan, dikategorikan muannats.
4.
Tidak bisa ditentukan jenis kelaminnya ?? ya itulah
bahasa. Apalno, ojo nyocot !!
No
|
Contoh
|
Lafadh
|
Makna
|
Hence
|
1.
|
زيد
|
ذ
|
ذ
|
مذكر
|
فاطمة
|
ث
|
ث
|
مؤنث
|
|
2.
|
طلحة
|
ث
|
ذ
|
مذكر
|
زينب
|
ذ
|
ث
|
مؤنث
|
|
3.
|
قلم
|
-
|
-
|
مذكر
|
مسطرة
|
-
|
-
|
مؤنث
|
|
يد
|
-
|
-
|
مؤنث
|
|
رجْل
|
-
|
-
|
مؤنث
|
|
رأس
|
-
|
-
|
مذكر
|
|
بطن
|
-
|
-
|
مذكر
|
|
فم
|
-
|
-
|
مذكر
|
|
4.
|
السماء
|
-
|
-
|
مؤنث
|
الأرض
|
-
|
-
|
مؤنث
|
|
الشمس
|
-
|
-
|
مؤنث
|
|
النار
|
مؤنث
|
|||
القمر
|
-
|
-
|
مذكر
|
|
والشمس وضحاها ,والقمر إذا تلاها, والنهار إذا جلاها ,والليل إذا يغشاها , والسماء وما بناها ,والأرض وما طحاها ,ونفس وما سواها
|
Lafdhiy dan maknawiy
1.
Muannats lafdhiy - maknawiy : lafadh yang ada tanda
ta’nitsnya dan menunjuk makna perempuan. Seperti : عائشة, مسلمة
2.
Muannats lafdhiy : lafadh yang ada tanda ta’nitsnya
dan menunjuk makna bukan perempuan. Seperti طلحة, حمزة.
3.
Muannats maknawiy : lafadh yang tidak ada tanda
ta’nitsnya namun menunjuk makna perempuan. Misalnya : زينبُ, هندُ
Jika hendak menambahkan atau menggantikan sesuatu
pada lafadh, seperti dhomir, isyaroh, mausul, sifat atau lainnya, perhatikan
makna lafadh. Misalnya :
ولا تنكحوا المشركات حتى يؤمن ولأمة
مؤمنة خير من مشركة ولو أعجبتكم ولا تنكحوا المشركين حتى يؤمنوا ولعبد
مؤمن خير من مشرك ولو أعجبكم
يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس
واحدة وخلق منها زوجها
يا أيتها النفس المطمئنة , ارجعي إلى ربك
راضية مرضية , فادخلي في عبادي , وادخلي جنتي
Lafadh-lafadh yang secara
praktek hanya terjadi pada perempuan, dikategorikan sebagai muannats sekalipun
bentuk lafadhnya adalah mudzakkar.
No
|
Contoh
|
Makna
|
1.
|
مؤنث
|
Perempuan
|
2.
|
مرضِع
|
Yang
menyusui
|
3.
|
حائض
|
Yang
haidh
|
4.
|
طالق
|
Yang
diceraikan
|
5.
|
ثيّب
|
Janda
|
Bandingkan dengan yang ini :
زيد
جنب
لونا ميا جنب,
فرطا و عزيز جنب
لونا ميا و ديان سزطرا جنب,
فرطا و عزيز و لونا ميا و ديان سزطرا جنب
لونا ميا جنب,
فرطا و عزيز جنب
لونا ميا و ديان سزطرا جنب,
فرطا و عزيز و لونا ميا و ديان سزطرا جنب
Perhatikan juga lafadh جنازة, ميّت, ميتة
Ta’ marbuthoh tidak selamanya menandai muannats. Kadang-kadang ta’ itu berfungsi untuk :
1. Menyatakan satu, seekor,
sebuah dan sejenisnya
شجرة
|
Sebatang pohon
|
بقرة
|
Seekor sapi
|
وردة
|
Sekuntum mawar
|
2. Menyatakan mubalaghoh
(bermakna lebih)
نابغة
|
Sangat mahir
|
علامة
|
Sangat alim
|
3. Mengganti fa’, ‘ayn, atau lam
fi’il
Kalimat
|
Asalnya
|
Artinya
|
زنة
|
وزن
|
Bobot, timbangan
|
سنة
|
سنو
|
Tahun
|
نية
|
نوي
|
Niat
|
4. Menunjuk muntahal jumu'
أشعري
|
أشاعرة
|
Pengikut al-Ash’ari
|
___________________________________________________________
Nambahi sadja (08-08-2017)
Nambahi sadja (08-08-2017)
Di kitab al-mudzakar wal muannats-nya Abu bakar al-Anbari
ada penjelasan lebih lengkap tentang mudzakar muannats. Ada lima belas ciri
bagi bentuk muannats. Mafhum mukholafahnya, jika tidak ada diantara lima belas
ini beraryi dia kategori mudzakar. Dari lima belas, delapan diantaranya tanda
muannats bagi kalimat isim, empat di fi’il dan tiga di huruf.
A.
Bagi isim yang muannats
dapat dilihat dari delapan tanda ini :
1.
الألف
المقصورة الممالة إلى الياء؛ كقولك : ليلى وسلمى وسُعدى.
2.
والألف
الممدودة؛ كقولك : حمراءُ وصفراءُ، والسراء والضراء
3.
والتاء؛
كقولك : أخت وبنت.
4.
والهاءُ؛
كقولك : طلحةٌ وحمزةٌ، وقائمةٌ، وقاعدةٌ، وهي تكون
هاءٌ في الوقف.
5.
والألف
والتاء في الجمع؛ كقولك : المسلمات والصالحات والهندات والجُملات.
6.
والنون،
كقولك : هُن وأنتن.
7.
والكسرة؛
كقولك : أنتِ.
8.
والياء؛
كقولك : هذي قامت، وفيه اختلاف
B.
Bagi fi’il yang muannats
dapat dilihat dari empat tanda ini :
1.
التاء؛
كقولك : قامت وقعدت، وتقوم وتقعد.
2.
والياءُ؛
كقولك : تضربين زيداً، واضربي زيدا.
3.
والكسرةُ
في الحرف المختلطِ بالفعل الذي قد صار كأنه من الفعل؛ كقولك: قُمتِ، وقَعدتِ،
وأعطيتِ، وأحسنتِ، وأجملتِ،
4.
والنون
التي اختلطت بالفعل، فصارت كبعضِ حُروفه، كقولك: قُمن، وقعدنَ.
C.
Bagi huruf yang muannats
dapat dilihat dari tiga tanda ini :
1.
التاء؛
كقولك: رُبت رجل ضربتُ، وقمتُ ثُمت قعدت.
2.
والهاء؛
كقولك- في الوقت على هيهات-: هيهاه،
ومثله:
(ولات حين مناص). كان الكسائي يقف عليها ولاه.
3.
والهاءُ
والألفُ؛ كقولك: إنها قامت هندٌ، وإنها جلست جُملٌ. قال الله تعالى ذكره: (فإنها
لا تعمى الأبصار).
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete